<div style='background-color: none transparent;'></div>

Popular Post


Home » » PENDIDIKAN SENI DAN PENGARUHNYA PADA OTAK

PENDIDIKAN SENI DAN PENGARUHNYA PADA OTAK

Pengaruh Pendidikan Seni terhadap Perkembangan Otak Anak


      Tidak dapat dipungkiri, selama ini para orangtua umumnya hanya mengutamakan pendidikan formal saja untuk anak-anaknya seperti pendidikan membaca, menulis, berhitung sampai berbahasa asing. Mereka terkadang merasa semua itu sudah cukup, padahal hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Di samping pendidikan formal, ternyata pendidikan seni seperti musik, lukis, tari dan drama juga memegang peranan penting terhadap perkembangan otak anak.
      Beberapa tahun terakhir telah banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa pendidikan seni, terutama musik, mempunyai pengaruh yang baik bagi perkembangan otak anak. Salah satu penelitian dilakukan oleh University of Toronto dengan menyertakan 144 orang anak berumur 6 tahun untuk mengikuti kursus piano, kursus vokal dan yang tidak mengikuti kursus secara acak selama satu tahun. Hasilnya, anak-anak yang mengikuti kursus musik semakin baik perkembangan otaknya dan memicu kemampuan matematika serta IQ secara keseluruhan.
      Penelitian lain yang dilakukan McMaster University dan Rotman Research Institute Toronto juga menguatkan fakta di atas. Kemampuan anak-anak umur 4-6 tahun yang mengikuti pelajaran musik lebih tajam dalam mengingat suatu deretan angka dibandingkan dengan anak-anak yang tidak mengikuti pelajaran musik. Selain itu, laporan departemen Pendidikan Amerika Serikat juga menyebutkan bahwa anak-anak pra-sekolah yang mengikuti pelajaran bermain keyboard, dalam tes pengukuran penalaran spasial memiliki skor yang lebih tinggi.
      Karena alasan-alasan tersebut, kini para ahli menganjurkan pada orangtua untuk membuat anak-anaknya terlibat dalam kegiatan seni sejak kecil. Seni juga tidak hanya sarana untuk mengungkapkan kreativitas dan imajinasi, namun lebih jauh lagi seni merupakan alat berpikir serta cara berkomunikasi anak-anak untuk mengerti tentang pemahaman dan kesalahpahaman. Yang tak kalah penting, seni adalah unsur penting untuk anak agar siap bersekolah. Sekolah formal akan mengajarkan anak untuk membaca, menulis, berhitung dan berbahasa asing, tetapi seni akan meningkatkan perkembangan otak serta memberdayakan kemampuan anak Anda lebih jauh lagi.
      Jika dikupas satu persatu, musik berguna untuk merangsang otak, meningkatkan kemampuan bersosialisasi, melatih empati serta menumbuhkan musikalitas anak dengan menggunakan lagu dan gerakan yang merangsang koordinasi bagian otak. Alat musik yang direkomendasikan untuk dipelajari oleh anak Anda antara lain piano dan organ, karena akan merangsang otak anak untuk lebih kreatif. Selain itu, anak Anda bisa diarahkan juga untuk mempelajari gitar dan biola untuk mendapatkan efek yang tak jauh berbeda.
      Disamping musik, seni tari juga berguna bagi anak Anda karena akan membantu mengembangkan keterampilan motoriknya. Sementara drama akan mengajarkan tentang emosi, membantu anak tentang pengendalian diri dan empati sehingga anak mampu memecahkan masalah, serta belajar menghadapi frustasi dan situasi sosial di sekelilingnya. Sedangkan seni lukis dapat membantu perkembangan emosional, sehingga anak Anda bisa memahami apa yang membuatnya merasa senang, sedih maupun takut.
      Bagi yang ingin memberikan pelajaran seni pada anak-anak Anda, sebaiknya dilakukan dari usia 3-6 tahun. Umur tersebut ideal bagi anak karena perkembangan pendengaran sedang berada pada saat yang paling baik. Jika tidak, Anda bisa memberikan kursus seni pada anak Anda saat berusia 8-9 tahun karena pada umur tersebut otak kanan dan otak kiri akan terhubung serta mengalami penebalan pada penghubungnya. Pada umur tersebut pelajaran seni juga akan meningkatkan kecerdasan anak, sebagaimana telah dibuktikan di negara-negara maju.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. BADICT UNITED . All Rights Reserved
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template Modify by Creating Website. Inpire by Darkmatter Rockettheme Proudly powered by Blogger