<div style='background-color: none transparent;'></div>

Popular Post


Home » » MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DENGAN METODE SIMULASI DI SDN HEULEUT I KECAMATAN LEUWIMUNDING KABUPATEN MAJALENGKA

MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DENGAN METODE SIMULASI DI SDN HEULEUT I KECAMATAN LEUWIMUNDING KABUPATEN MAJALENGKA


BAB 1
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG

Anak merupakan amanat dari Allah SWT yang diberikan kepada orang tua untuk,di pelihara dan di didik agar dia menjadi manusia yang mandiri ,berguna bagi dirinya ,agam dan bangsanya. Dalam diri anak-anak  terdapat berbagai kebutuhan ,seperti kebutuhan akan rasa kasih sayang,kebutuhan akan rasa aman kebuthan akan rasa harga diri,kebutuhan akan kebebasan ,kebtuhan akan rasa sukses dan kebutuhan akan rasa mengenal.
Kebebasan yang di makasud di sini adalah kebebasan dalam  batas-batas kewajaran,misalnya anak-anak  dalam urusan pribadi seperti dalam permainan berikanlah kepadanya kebebasan untuk menggunakan permainan itu dengan caranya sendiri ,karena permainan mempunyai arti yang sangat penting dalam kehidupan si anak, antara lain memperlancar  pertumbuhan fisiknya ,menumbuhkan kecakapan dan mengembangkan  bakat yang  ada padanya. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan mengenal (ekspolrasi) pada anak adalah dengan aktivitas sendiri (permainan) para ahli psikolog mengatakan bahwa aktivitas pribadi ini penting sekali dalam belajar agar pelajaran dapat tercapai dengan baik maka pelajar harus ikut aktif berusaha.dengan  demikian akan mengenal segala sesuatu mudah terpenuhi .di masa anak-anak aktivitas sendiri yang dapat dilakukan adalah bermain.
Ada usia anak, permainan tidak menentu disinilah letak pentingnya peranan orang tua dan para pendidik dalam membimbing anak untuk mempergunakan  permainan sebagai cara untuk mengenal lingkungan .orang  tua adalah guru pertama ,karena  rumah adalah lingkungan pendidikan yang pertama .dan juga “. Sedangkan menurut  islam orang  tua adalah pemegang amanah Allah untuk memelihara keluarga sebagaiman firman Alloh

artinya : “ Hai oarang –orang beriman ,peliharalah dirimu dan keluargamu api neraka”. (At-tahrim /66:6).
Perilaku  oarang tua merupakan unsur  yang  tidak langsung dalam pembentukan kepribadian orang tua haruslah selalu mencerminkan kebenaran  dan kebaikan ,karena hal itu akan dijadikan pola atau  model yang akan dicontoh anak dan kelak dimanifestasikan dalam kepribadian nya. orang  tua.seandainya  guru-guru memiliki persyaratan kepribadian dan kemampuan untuk membina pribadi anak, maka yang  terjadi sudah  mulai tumbuh ke arah yang  kurang baik dapat segera diperbaiki dan anak yang  sejak  awal sudah mempunyai  dasar  yang  baik di rumah dapat  dilanjutkan pembinaanya  dengan cara  yang lebih baik .program pendidikan usia dini untuk anak-anak di pra-sekolah islam bertujuan memeberikan kristalisasi moral dan norma kehidupan islam yang menjadi sikap hidup anak. Kelak anak tidak lagi memerlukan pengawasan dari  luar individunya dan memberikan kesempatan bagi terciptanya keterlibatan anak dan orang tuanya secara aktif dalam suatu proses belajar mengajar islami yang berkelanjutan,yang berdasarkan kepada Al-Qur’an dan sunnah ,danjuga keimanan yang dan mendala kepada Allah SWT .
Pendidkian nilai-nilai tersebut harus di tanamkan kepada anak didik sedini mungkin,karena jika terlambat akan teramat sulit unutk membangun kembali kepribadian yang  telah terbentuk (re-contruction of personality). Guru agamadalm hal ini mempunyai tugas yangcukup berat karena selain mengajarkan ilmu pengetahuan juga harus memperbaiki pribadi  anak, sebagaimana orang tua ,guru juga merupakan model yang secara tidak langsung dapat mempengaruhi pembentukan kepribadian anak.
Dalam menyampaikan pendidikan agama pada anak hendaknya menggunakan bahasa dan cara yang di pahami dan sukaianak,salah satu metode yang merupakan tuntunan dan kebutuhan yang esensial bagi anak-anak,karena itu tepat bila terlepas dari unsur-unsur bermain.hal ini sejaln dengan pendapat yang ditemukan zakiyah darajat sebagai berikut:anak-anak bukanlah orang dewasa tidak akan cocok bagi anak-anak ,kalau kita ingin agama mempunyai arti bagi mereka hendaknya  disampaikan dengan cara yang lebih kongkrit dengan bahasa yang di pahaminya dan tidak bersifat dogmatik saja. Dizaman Rasululloh SAW ,semenjak masa kanak-kanak seorang anak laki- laki sudah di ajarkan permainan memanah ,bahkan sering  diadakan lomba memanah. Permainan selain membina fisik sang anak,lebih jauh membentuk jiwa kesatria dan pemberani.
Mainan anak perempuan yang dibuat dari kain,sebangsa boneka berupa anaka kecil yang dipakaikan baju dan sebagainya dengan maksud mendidik anak permpuan rasa kasih sayang terhadap anak kecil .Aisyah radhi-allhu anha 

berkata:”saya bermain –main boneka berbentuk anak perempuan didepan  Nabi shllallahu alaihi wa sallam.”) (HR.Bukhari.)
Untuk melaksanakan perintah Allah dan rasul-Nya itu maka islam menyerukan mempelajari renang ,memanah dan menunggang kuda,sebagaimana petunjuk Nabi SAW berikiut ini: dengan isnad (jalur perawi)baik  jayyid (baik /saleh),Ath-thabrani meriwayatkan bahawa Rasullah SAW.bersabda: “segala sesuatu yang tidak berkaitan dengan zikir(menyebutkan) nama-nama Berjalanya seseorang  antar dua tujuan (untuk memanah),latihanya menunggang kuda ,bermain dengan keluarganya dan belajar bereneng.” Inilah salah satu tujuan akhir pembentukan karakter anaka muslim ,yang dapat di peroleh  melalui pemilihan jenis permainan yang sesuai.jelslah bahwa pendidikan agama mempunyai pengaruh terhadap toingkah laku anak juga merupakan yang utama dalam pembentukan kepribadian muslim,karenamanusia mempunyai sifat yang meniru apa yang dilihatnya,maka hal dapat mempengaruhi tingkah laku sehari-hari . maka penelini inggin meneliti di SDN HEULEUT I tentang MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)DENGAN METODE SIMULASI di SDN HEULEUT I KECAMATAN LEUWIMUNDING KABUPATEN MAJALENGKA

B.     PEMBATASAN DAN PERUMUSAN MASALAH
Dalam pendidikan agama metode yang akan dibahas adalah metode simulasi .pembahsan mengenai simulasi /bermain sangat luas.
1.      pembatasan masalah
a.       permainan yang mendukung unsur pendidikan ,unsur pendidikan agama dan psikologi anak.
b.      pendidikan agama islam yang dimaksud dalam penelitian dilihat dari segi pembinaan perasaan ke agamaan dan tingkah laku anak yang sessuai dengan akhlak islam dalam kehidupan sehari-hari baik dirumah maupun di sekolah .
c.       yang menjadi subjek penelitian guru di SDN HEULEUT I


2.      perumusan masalah
a.       bagaimana penerapan metode simulasi dalam pendidikan agama islam anak di SDN HEULEUT I
b.      apa saja manfaat dan kegunaan metode simulasi dalam pendidikan Agama Islam di SDN HEULEUT I
c.       apa saja yang menjadi faktor penunjang dan faktor penghambat penerapan metode simulasi dalam pendidikan agama Islam  di SDN HEULEUT I ?

C.    TUJUAN DAN MAMFAAT PENELITIAN
sesuai dengan maslah yang di teliti maka yang menjadi tujuan dalam penelitian  ini adalah:
1.      untuk mengetahui bagaimana penerapan metode simulasi dalam pendidikan agama islam anak yang dilakukan SDN HEULEUT I
2.      untuk mengetahui faktor penunjang dan faktor penghambat penerapan metode dalam simulasi pendidikan agama islam anak SDN HEULEUT I
3.      untuk mengetahui salah satu syarat dalam mencapai Tugas metode penelitian pada fakultas tarbiah di IPRIJA.
Adapun manfaat dari  penelitian ini adalah:
1.      berguna khususnya bagi penulis dan umumnya bagi pembaca dalam berupaya meningkatkan mutu pendidiakn agama islam dalam pembentukan perilaku anak .
2.      sebagai bahan informasi awal untuk meneliti lebih lanjut permainan yang cocok diberikan kepada anak khsusnya dalam pendidikan agama islam.
3.      memberikan pemikiran tentang metode pengajaran yang dapat memberikan dorongan kepada murid dalam belajar.



D.    METODE PENELITIAN
Dalam penyusuna skripsi  ini,penulis menggunakan pendekatan kualitatif,dengan pendekatan ini diharapkan mendeskripsikanmasalah secara utuh sesuai dengan masalah untuk teliti.
Untuk memperoleh data yang akurat penulis menggunakan metode penelitian dan pengumpulan data seperti berikut:
1.      Teknik pengumpulan data
Teknik pengumpulan data yang digunakandalam penelitian inni meliputi:a
a.       Observasi
dengan teknik ini penulis secara langsung mengamati kondisi objek para murid SDN HEULEUT I khususnya dalam proses pembelajaran untuk mendapatakan gambaran  kongkrit tentang penerapan metode bermain yang dilakukan di SDN HEULEUT I
b.      interview/wawancara
merupakan cara yang digunakan dengan tujuan mendapat keterangan secara lisan dari responden atau metode pengumpulan data dengan jalan tanya jawab langsung yang di kerjakan secara terbuka dan berlandaskan pada tujuan penelitian.wawancara dilakukan kepada kepala SD dan guru informasi yang diinginkan adalah mengenai tanggapan para guru tentang metode bermain sebagai metode belajar mengajar di SDN HEULEUT I  serata faktor penghambat dan faktor penunjang dari metode bermain tersebut. Untuk lebih melengkapi data dilakukan interview/wawancara secara struktur kepada guru untuk memperoleh  informasi lebih lengkap lagi mengenai penerapan metode beramain dalam pen didikan agama islam anak TK ASIH RAHAYU .
2.      jenis data
Untuk melengkapi  skripsi ini saya berpedoman pada 2 data ,yaitu:
a.       Data primer, untuk memperoleh data primer dalam penelitian ini penulisan menggunakan observasi dan wawancara untuk memperoleh data langsung .
b.      Data sekunder, untuk memperoleh data sekunder ,penulis menggunakan penelistisan kepustakaan,seperti buku-buku dan tulisan yang berkaitan dengan masalah yang diteliti.

E.     sistematika penulisan

BAB I                         PENDAHULUAN
memuat latar belakang , pembatasan masalah, tujian dan pemamfaatan masalah serta metodelogi penelitian

BABA II         KAJIAN  TEORI
memuat untuk mengetahui bagai mana sistem pendidikan agama islam di SDN HEULEUT I dan beserta sistem simulasi yang efektif untuk anak SDN HEULEUT I

BAB III         METODOLOGI PENELITIAN
memuat lokasi penelitian, waktu, dan variabel-variabel, pupulasi  sampel, teknik pengumpulan data dan beserta teknik analisa data untuk melengkapi suatu penelitian

       BAB IV            PENUTUP 
         kesimpula beserta saran-saran  
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. BADICT UNITED . All Rights Reserved
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template Modify by Creating Website. Inpire by Darkmatter Rockettheme Proudly powered by Blogger