<div style='background-color: none transparent;'></div>

Popular Post


Home » » PERKEMBANGAN OTAK

PERKEMBANGAN OTAK

Mengembangkan Otak Anak dengan Stimulasi Tepat Sejak Dini


      Asah otak anak dengan stimulasi tepat sejak dini akan sangat berpengaruh pada perkembangan motorik otaknya. Sebagai orangtua, Anda tentu menginginkan anak-anaknya tumbuh menjadi anak yang sehat dan juga pintar demi masa depannya kelak. Maka, dengan memberikan stimulasi yang tepat bagi anak sejak dini terutama saat masih dalam kandungan sangatlah baik untuk menunjang motorik otaknya saat ia besar.
      Beberapa penelitian menyatakan, bahwa kecerdasan ada hubungannya dengan faktor genetika, namun penelitian lainnya mengungkapkan bahwa pemberian stimulasi yang tepat juga menjadi faktor yang mendukung berbagai cara orangtua dalam mengasah otak anak.
      Saat yang tepat untuk memberikan stimulasi atau rangsangan bisa dimulai semenjak Anda hamil. Janin/bayi yang berada dalam kandungan Anda di usia 3 bulan sudah memiliki perasaan. Fakta ini dinyatakan oleh para ahli. Memasuki bulan keempat, bayi sudah bisa mendengar suara dari luar. Dan suara inilah yang mampu merangsang kemampuan setiap organ indera serta intelegensi pada bayi, sehingga rangsangan inilah yang nantinya akan mempercepat pertumbuhannya.
      Terdapat salah satu bagian otak yang penting disebut juga cerebral cortex. Pada bagian otak ini di usia bayi 5-6 bulan dalam kandungan, merupakan faktor penting untuk berpikir, mengingat, mengerti bahasa, memperhatikan, menyadari, dan beberapa hal lainnya. Oleh karena itu, sangat penting bagi bayi di masa usia ini hingga 9 bulan untuk selalu diperdengarkan musik.
      Setelah bayi lahir, sebaiknya ibu tetap memberikan stimulasi dan jangan berhenti. Karena, dengan terus memberikan stimulasi setelah kelahirannya hingga ia besar tentu akan membantu anak untuk mengasah otaknya. Selain itu, penting juga untuk Anda ketahui bahwa memberikan stimulasi tidak hanya dikhususkan untuk kecerdasan intelegensi saja, tetapi juga memerlukan stimulasi untuk mengasah kecerdasan emosi anak.
      Usia anak akan terus bertambah dan perkembangannya pun semakin cepat. Di usia 4-13 tahun, merupakan masa-masa dimana anak memiliki daya ingat yang kuat. Oleh karena itu, inilah waktu yang tepat bagi Anda untuk selalu menstimulasi anak sebagai dasar awal dari landasan pendidikan, baik itu untuk kecerdasan otaknya maupun kepribadiannya.
      Seorang ahli pendidikan, Korey Capozza menerangkan, bahwa terdapat beberapa cara bagi orangtua untuk bisa terus mengasah otak anak. Memberikan stimulasi dengan sebuah musik merupakan cara paling cepat dan mudah, serta bisa dilakukan sejak anak masih dalam kandungan. Diketahui, musik memiliki efek positif untuk mengasah otak kanan serta meningkatkan IQ anak jika diperdengarkan sejak ia masih berada dalam kandungan.
      Memberikan ASI merupakan stimulasi pilihan kedua bagi anak. ASI diketahui begitu banyak dan lengkap kandungan nutrisinya, sehingga tepat untuk diberikan pada bayi agar otaknya selalu berkembang dengan baik dan cepat. Berdasarkan hasil penelitian terbukti bahwa ASI adalah salah satu cara tepat dan mudah untuk mengasah otak anak dan tidak perlu mengeluarkan biaya.
      Perlu para ibu ketahui, bahwa saat usia bayi diberikan ASI minimal 9 bulan pertama setelah kelahirannya, tingkat kecerdasannya akan lebih tinggi dibandingkan anak-anak yang tidak diberikan ASI. Selain ASI memiliki banyak manfaat, ASI juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan imunitas pada tubuh si kecil sehingga anak tidak mudah sakit dan lebih optimal dalam tumbuh kembangnya.
      Selain musik dan ASI, beberapa permainan yang dapat menstimulasi otak anak yaitu seperti, puzzle, sudoku, catur, dan teka-teki silang. Dari beberapa jenis permainan tersebut terbukti pada hasil penelitian dapat membantu meningkatkan kreativitas, inspirasi, kecepatan, serta ketepatan berpikir anak secara strategis dan taktis. Cobalah Anda mencarikan mainan yang tepat untuk usianya, dengan begitu akan lebih cepat mengasah otak anak membuat dirinya semakin kreativitas sesuai dengan caranya sendiri.
      Berikan anak kebebasan untuk berpikir sesuai dengan pemikirannya sendiri, namun tetap dengan bimbingan orangtua. Hal ini tentu akan membantu anak untuk lebih mengarahkan ke pendidikan serta pengetahuannya. Apa yang mereka suka atau minati perlu Anda perhatikan, karena anak juga butuh dukungan dari kedua orangtuanya. Jangan biarkan anak melakukannya sendiri, bimbinglah dan selalu dampingi mereka. Ajarkan mereka berbagai keterampilan yang baru agar kreativitas mereka bertambah.
      Tidak lupa juga untuk selalu memberikan nutrisi dan gizi yang seimbang pada makanan dan minumannya. Dengan begitu, cara Anda asah otak anak sudah sangat tepat dalam merangsang minatnya untuk selalu ingin tahu pengetahuan baru lainnya. Ajarkan juga hal lain bagaimana anak harus mencintai buku dan menggemari kegiatan membaca. Ini merupakan salah satu cara mudah untuk mengasah otak anak, sehingga perkembangan motorik otaknya berkembang dengan cepat.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. BADICT UNITED . All Rights Reserved
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template Modify by Creating Website. Inpire by Darkmatter Rockettheme Proudly powered by Blogger