<div style='background-color: none transparent;'></div>

Popular Post


Home » » KECERDASAN ANAK

KECERDASAN ANAK

Orang tua Berharap anak nya Cerdas


      Anak cerdas tentu harapan setiap orangtua agar anaknya berhasil dalam kehidupannya kelak. Untuk mewujudkan itu, saat ini banyak orangtua yang membeli berbagai media yang diklaim mampu mencerdaskan anak. Mulai dari buatan lokal dengan harga puluhan hingga ratusan ribu sampai barang impor yang harganya jutaan rupiah.
      Namun tahukah Anda bahwa perkembangan ingatan, problem solving, bahasa, keterampilan matematika serta daya kreativitas akan berkembang bila anak Anda mendapatkan tantangan, perhatian dan cinta. Dengan demikian, Anda tidak harus bergantung pada berbagai macam media yang mahal untuk mencerdaskan sang anak. Untuk membantu perkembangan kecerdasan anak, Anda dapat mengajak anak dalam suasana bermain yang menyenangkan, memberikan rasa aman serta menciptakan lingkungan yang memberikan pengasuhan sambil melakukan aktivitas-aktivitas berikut ini :
Menyanyi
Anda dapat bernyanyi saat melakukan pekerjaan rumah, mengasuh anak atau aktivitas lain yang melibatkan sang anak. Lama-kelamaan, anak akan belajar membuat lirik lagu dengan kata-katanya sendiri, yang akan membantu meningkatkan ingatan serta perkembangan bahasanya.
Membacakan sajak
Sajak dapat membantu meningkatkan komunikasi karena mengajarkan anak-anak bahwa bahasa tidak hanya sekedar merangkai kata-kata, namun juga bagaimana cara untuk menggunakannya. Seorang anak yang sering mendengar sajak akan semakin cepat saat belajar kata-kata yang menghasilkan bunyi berbeda serta akan mendorong keterampilannya untuk membaca.
Banyak membaca
Mengekspos buku yang disukai secara berulang-ulang ternyata dapat membantu seorang anak untuk mengembangkan ingatan, rentang perhatian serta perbendaharaan katanya. Anak-anak yang membaca sebuah buku yang sama berkali-kali akan memahami kata-kata sulit yang berada di dalamnya 3 kali lebih baik dibandingkan dengan seorang anak yang hanya sekali saja membaca buku tersebut.
Matematika di sekitar kita
Mengajarkan matematika dapat dimulai dengan hal-hal sederhana yang berada di sekitar anak seperti, menghitung buku di lemari atau berapa jumlah mainan yang dimilikinya. Setelah itu Anda dapat menyelipkan beberapa konsep matematika lanjutan seperti, penjumlahan dan pengurangan dengan barang-barang yang dimilikinya atau lingkungan di sekitarnya. Misalnya, jumlah buku di lemari semula ada 9, kemudian 1 buku sedang dibaca oleh ayah sehingga di lemari tersisa 8 buku lagi.
Membacakan buku cerita
Sebagaimana telah dibahas sebelumnya bahwa Manfaat Membaca Buku Bagi Anak merupakan salah satu hal yang penting bagi masa depannya. Namun untuk lebih mencerdaskan anak, Anda tidak hanya membacakan begitu saja cerita dalam buku, namun juga bicarakan apa yang ada dalam gambar, mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan cerita serta bicarakan mengenai tokoh-tokoh dan alur ceritanya. Dengan demikian, anak Anda akan lebih cepat belajar membaca dibandingkan bila Anda hanya membacakan teksnya saja. Anda juga bisa menantang anak untuk mencari teks atau gambar tertentu di dalam buku tersebut untuk melatih daya konsentrasinya.
Membiarkan bermain
Bila anak sedang bermain, biarkan saja dia bermain dan melakukan apapun yang diinginkannya agar daya imajinasi dan kreativitasnya cepat berkembang. Yang penting, apa yang dimainkannya tidak membahayakan dirinya sendiri.
Maka, dengan memberikan pendidikan yang baik dan juga perhatian yang lebih tentu akan berpengaruh pada tingkat kecerdasan anak. Oleh karena itu, anak cerdas juga berpengaruh pada kedekatan emosional orangtuanya dalam membimbing dan memberikan pendidikan yang terbaik mulai sejak dini.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. BADICT UNITED . All Rights Reserved
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template Modify by Creating Website. Inpire by Darkmatter Rockettheme Proudly powered by Blogger